Halaman

Kamis, 28 April 2011

::SEBUAH NAMA SEBUAH MAKNA::


"Rifki Irawan", sebuah nama yang terdiri dari dua buah kata, rifki dan irawan. tidak terlalu panjang dan bisa dikatakan sebuah nama yang cukup pendek. nama ini pertama kali dicetuskan dari ide yang merasuk kedalam fikiran ayahanda tercinta. ya.. beliaulah yang memberikan nama yang saat ini sudah terpahat diberbagai macam tanda pengenal, seperti akte kelahiran, KTP, SIM dan lain sebagainya.

Sebuah nama memiliki sebuah makna, nama adalah doa yang selalu menyertai sejak manusia hidup di alam dunia, meninggalkan dunia, bahkan hingga bertemu Allah di akhirat nanti. Alhamdulillah.. ayahanda pun sudah memahami akan hal ini, beliau tidak sembarangan memberikan nama kepada anak yang diharapkan menjadi manusia yang luar biasa. seandainya beliau acuh dengan hal ini, bisa saja kalian memanggilku dengan sebutan si galah atau si tembok cina.


Rifki, nama ini diserap dalam bahasa arab yang terdiri dari huruf ro, fa, dan qof. penulisan yang lebih tepat adalah rifqi, yang memiliki arti teman yang baik, pasangan yang baik, lembut dan  kasih sayang. Mungkin sang pemberi nama tersebut menginginkan saya agar bisa menjadi sahabat yang baik, bersifat lembut, dan menghiasi diri dengan kasih sayang. Amin.

Rifki adalah nama panggilan ku pada saat ini, namun sebenarnya di waktu kecil aku selalu dipanggil kiki, mungkin karena nama kiki lebih mudah dilafadzkan oleh anak yang masih baru belajar berbicara dan agar bisa lebih mengakrabkan antara aku dan sahabat kecilku.

panggilan "kiki", diambil dari bahasa arab "qi" yang merupakan bentuk fi'il amr atau kata perintah yang berarti jagalah atau peliharalah. Mungkin, sekali lagi, mungkin saja orang yang memanggil dengan sebutan itu mendoakan saya agar selalu menjaga dan memelihara diri saya agar selalu berada dalam kebaikan, berada di jakan Allah, terhindar dari segala dosa, dan terpelihara dari api neraka. Amin. 

"Irawan", kata kedua dari sebuah nama Rifki Irawan. Nama ini mungkin sudah banyak terdengar dar para kaum entertain. namun makna irawan disini bukan berarti aku diharapkan menjadi seorang entertain. namun, Irawan disini diambil dari bahasa sansekerta. Irawan atau Irawat (Sanskerta: इरवन; Iravan), merupakan nama salah satu putra Arjuna dalam wiracarita Mahabharata. Ia ikut bertempur di pihak Pandawa dalam perang besar di Kuruksetra atau Baratayuda. Dalam cerita tersebut, tokoh Irawan digambarkan sebagai tokoh yang pemberani, memiliki harga diri yang tinggi dan tdak gentar menghadapi musuh-musuhnya.

Dalam ceritaka Mahabrata versi pewayangan Jawa  bahwa irawan tidak diajak ikut serta dalam perang Baratayuda. Irawan kemudian berangkat menuju padang Kurusetra untuk terjun ke dalam peperangan meskipun tanpa izin dari orang tuanya. Di dalam pertempuran ia berjumpa dengan raja raksasa bernama Kalasrenggi dari Kerajaan Selamangleng. Kalasrenggi memihak Korawa karena ayahnya yang bernama Jatagimbal tewas dibunuh Arjuna. Irawan pun tampil menghadapi Kalasrenggi demi untuk memamerkan bahwa kesaktiannya tidak kalah dibandingkan Abimanyu, ataupun Gatotkaca. Pasukan Selamangleng ditumpasnya habis seorang diri. Akibatnya, ia pun merasa letih dan dapat ditangkap oleh Kalasrenggi. Kalasrenggi kemudian menggigit leher Irawan sampai putus. Namun, Irawan sempat menusuk jantung Kalasrenggi menggunakan keris. Keduanya pun tewas bersama saat itu juga.

Begitulah arti dari namaku semoga doa-doa kebaikan selalu mengiringi ketika para sahabat memanggil diriku.. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar